November 30, 2022

Gina Classics

Gina Classic Blog

Bingung Membedakan Asuransi Rawat Inap Vs Asuransi Rawat Jalan, Simak Perbedaanya Berikut Ini!

Saat ini, sudah banyak sekali cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan dan memproteksinya dengan baik seperti halnya dengan membeli produk asuransi kesehatan. Akan tetapi sebelum menentukan akan membeli produk asuransi yang mana, alangkah lebih baiknya bagi calon pemegang polis dalam mempertimbangkan penggunaan asuransi rawat inap atau rawat jalan. Lalu, apakah perbedaan dari produk asuransi rawat inap dan rawat jalan? Jika Anda masih bingung membedakannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Waktu asuransi akan memberikan manfaat perlindungan

Salah satu perbedaan paling mendasar antara asuransi rawat inap dan juga asuransi rawat jalan yakni dari waktu pemberian manfaat perlindungan itu sendiri. Dimana pada asuransi rawat inap, biasanya akan diperlukan ketika memang pihak pemegang polis diharuskan untuk menginap di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan perawatan. Berbeda halnya dengan asuransi rawat jalan yang mana akan diberikan ketika pihak pemegang polis akan menjalani yang namanya masa pemulihan setelahnya.

Lokasi perawatan

Tidak hanya dari segi waktu pemberian manfaat perlindungan saja, perbedaan antara asuransi rawat inap vs rawat jalan juga bisa dilihat dari lokasi perawatan. Pada asuransi rawat inap biasanya hanya akan dapat digunakan untuk menanggung biaya pengobatan perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu lebih dari semalam. Sementara itu, untuk asuransi rawat jalan biasanya akan dilakukan pengobatan perawatan di rumah namun tetap dalam pengawasan oleh pihak dokter. Dalam hal ini, rawat jalan biasanya hanya akan mewajibkan pasien untuk melakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit.

Biaya asuransi rawat inap dan rawat jalan

Mengingat manfaat yang diperoleh jauh lebih besar, maka untuk biaya dari rawat inap sudah pasti akan lebih mahal. Hal ini dikarenakan beberapa biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi jika pihak pemegang polis harus dilakukan opname. Termasuk halnya biaya kamar, peralatan medis, kunjungan dokter dan lain ā€“ lain. Ini berbeda dengan asuransi rawat jalan yang mana perusahaan asuransi hampir sebagian besar menerapkan kebijakan pelayanan. Seperti misalnya yakni pembatasan pelayanan sehingga pemegang polis diharuskan ke dokter umum terlebih dahulu untuk memperoleh rujukan ke dokter spesialis.

Bentuk fleksibilitas dalam pemilihan manfaat proteksi

Tahukah Anda, bahwa saat ini sudah tersedia beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa dikatakan fleksibel. Bahkan, ada juga asuransi yang kini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi. Seperti halnya pada asuransi rawat jalan, Anda nantinya bisa memilih jenis risiko penyakit apa yang bisa di-cover. Jauh berbeda dengan asuransi rawat inap yang mana Anda juga nantinya akan diminta untuk memilih kelas kamar apa yang bisa digunakan ketika melakukan pengobatan perawatan di rumah sakit.

Jadi, itulah tadi beberapa perbedaan yang bisa Anda pahami lebih detail antara asuransi rawat inap dan rawat jalan dari berbagai segi penggunaannya. Apabila Anda memiliki keinginan membeli asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap dan rawat jalan, bisa mempercayakan produk asuransi dari My Protection sekarang juga.