May 19, 2022

Gina Classics

Gina Classic Blog

 Cara Menjaga Kesehatan Anak pada Musim Hujan

Kondisi perubahan cuaca yang tidak menentu bisa berdampak pada kesehatan. Bukan saja berpengaruh terhadap orang dewasa, namun daya tahan tubuh Anak bisa menurun. Terlebih lagi pada kondisi pandemi yang belum mereda, membuat Bunda lebih was-was akan kesehatan anak. Sebagai Bunda yang sigap, selain menyiapkan Suplemen Daya Tahan Tubuh guna menjaga kesehatan anak, ternyata ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan agar anak tidak sakit dan tetap tenang menjalankan aktivitasnya.

Hal apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan di bawah ini

  1. Rajin Mencuci Tangan

Tahukah Bunda, jika membiasakan anak untuk rajin mencuci tangan terlebih lagi sebelum makan, akan menurunkan resiko terkena penyakit yang menyebabkan diare, bahkan hepatitis. Bunda bisa mengakalinya dengan memilih sabun cuci tangan aroma favoritnya, dan menempatkan sabun batang atau cair tersebut di tempat yang berbentuk karakter sehingga menarik perhatiannya. Dengan begitu anak akan menganggap aktivitas mencuci tangan merupakan hal yang menyenangkan.

  1. Istirahat yang Cukup

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang efektif ialah dengan beristirahat yang cukup. Bunda harus memastikan bahwa si Kecil mendapatkan jam tidur yang cukup. Disarankan untuk anak yang berusia Anak usia 3 – 5 tahun adalah selama 10 – 13 jam dan anak usia 6 – 12 tahun adalah selama 9 – 12 jam. Kekurangan tidur akan membuat tubuh menjadi rentan infeksi terhadap berbagai penyakit.

  1. Makan Makanan Bergizi

Cara mudah berikutnya ialah menjaga asupan makanan anak. Selain menyiapkan menu favoritnya, Bunda bisa mengreasikannya dengan bahan makanan yang bergizi, seperti sayuran. Selain itu, disarankan untuk mengganti camilannya dengan buah-buahan segar yang pastinya lebih sehat. Bunda juga bisa memberikan suplemen atau vitamin sesuai dengan dosis dan usia anak serta menyempurnakannya dengan memberinya susu.

  1. Tetap Terhidrasi

Menjaga kesehatan anak pada saat musim hujan juga dapat dilakukan dengan memastikannya terhidrasi. Biasakan untuk selalu meminum air putih yang cukup, yaitu:

  • sekitar 800 mililiter (ml) atau sekitar 2–3 gelas untuk anak usia 7–12 bulan
  • 1,3 liter atau sekitar 5 gelas untuk anak usia 1–3 tahun
  • 1,7 liter atau sekitar 6–7 gelas untuk anak usia 4–8 tahun
  • 2,1–2,4 liter atau 8–10 gelas untuk anak usia 9–13 tahun

Isi air putih ke dalam mug atau gelas yang bentuknya lucu sehingga anak senang meminumnya.

  1. Sedia Payung Sebelum Hujan

Persiapkan perlengkapan anak jika ingin beraktivitas ke luar rumah, yaitu menyediakan payung atau jas hujan. Tidak lupa pula Bunda harus menyiapkan pakaian hangat seperti jaket atau sweater. Hal ini tentunya dapat meminimalisir risiko anak jatuh sakit akibat kedinginan.

Itu dia 5 tips cara menjaga kesehatan anak pada musim hujan. Semoga dengan memerhatikan berbagai hal di atas, anak bisa selalu sehat, ya.