July 30, 2021

Gina Classics

Gina Classic Blog

Catat, Ini Tips Bersepeda Agar Selamat Sampai Tujuan

asuransi kecelakaan personal

Photo by Leonardo Zorzi on Unsplash

Sudahkah Anda mendaftarkan diri dalam program asuransi kecelakaan personal? Pastinya sudah, dong! Kecelakaan sering kali terjadi di mana saja tanpa bisa kita prediksi, saat sedang dijalan ramai atau bahkan sedang bersantai di jalan sepi . Sepeda, sebagai alat transportasi yang ringkas dan mudah digunakan, sering kali dilupakan aspek keselamatannya ketika digunakan, apalagi dengan trend saat ini semua orang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk pergi bekerja ataupun aktivitas yang mengharuskan pesepeda menggunakan jalur jalan raya.

Meski sudah hati-hati, resiko yang besar ketika bersepeda di jalan raya tetap ada. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus memperhatikan beberapa hal agar selamat sampai tujuan ketika bersepeda.

 

1. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Jika Anda menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke kantor, Anda disarankan tetap menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat atau pakaian khusus bersepeda. Hal ini bertujuan untuk mendukung mobilitas Anda dalam menggowes. Anda bisa mengemas pakaian ganti di dalam tas untuk dipakai sesampainya Anda di kantor.

 

2. Cek Kondisi Sepeda

Sebelum digunakan, ada baiknya Anda memeriksa kondisi sepeda. Tak perlu setiap hari, Anda bisa mengeceknya setiap empat hari atau seminggu sekali. Saat pengecekan, pastikan rem berfungsi dengan baik, mata rantai bersih dan terlumasi dengan baik, roda terpasang dengan baik dan tidak goyang serta tekanan angin pada ban berada dalam kondisi yang pas. Pastikan sepeda digunakan dalam keadaan baik.

 

3. Lengkapi Aksesoris Sepeda

Anda disarankan melengkapi aksesoris sepeda seperti lampu dan reflektor cahaya agar pengendara lain menyadari adanya posisi atau kehadiran Anda sebagai pesepeda di jalan raya, terutama saat di malam hari. Jika Anda sering menggunakan sepeda pada saat malam hari, sebaiknya Anda menambahkan lampu yang ditaruh di depan untuk menerangi jalan Anda.

 

4. Gunakan Perlengkapan Keselamatan

Sebagai kendaraan yang terbuka, tubuh kita rentan terluka apabila terjadi kecelakaan. Akan sangat fatal apabila bagian rentan tubuh kita seperti kepala, lutut dan siku mengalami kontak langsung ketika terjadi kecelakaan. Oleh karena itu kita perlu pelindung seperti helm, pelindung siku dan lutut, sarung tangan dan sepatu.

 

5. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Sering kita lihat banyak pesepeda yang melanggar lalu lintas karena mereka menganggap sepeda bukan kendaraan bermesin, padahal hal itu mengancam keselamatan mereka. Sebagai pesepeda yang baik kita harus tetap mengikuti dan mematuhi rambu lalu lintas demi keselamatan diri dan orang lain.

 

Semoga dengan tips ini kita bisa lebih peduli akan keselamatan kita saat berpergian ke suatu tujuan dengan bersepeda. Kecelakaan jalan raya bisa kita cegah dengan memperhatikan kelengkapan keselamatan dan mematuhi peraturan lalu lintas agar perjalanan bisa nyaman, aman dan selamat sampai tujuan.

 

Sumber:

https://voi.id/lifestyle/39461/agar-aman-dan-selamat-begini-tips-bersepeda-di-jalan-raya

https://www.halodoc.com/artikel/6-tips-aman-bersepeda

https://www.halodoc.com/artikel/6-tips-aman-bersepeda