September 28, 2022

Gina Classics

Gina Classic Blog

Efek Kecanduan Narkoba

Narkoba

Bukan hanya menyebabkan kecanduan, mengkonsumsi narkoba juga memiliki bahaya-bahaya lain yang tentu saja sifatnya negatif terutama bahaya-bahaya yang berhubungan dengan kesehatan pada tubuh.

 

Maka dari itu tak aneh rasanya jika banyak organisasi, perorangan ataupun lembaga yang terus mengkampanyekan tentang bahaya penggunaan narkoba, karena banyak sekali efek yang ditimbulkan oleh barang satu ini.

 

Sudah sebaiknya kita menjauhi barang haram satu ini. Jikapun terlanjur menggunakan tidak ada salahnya anda untuk segera bertaubat dan mulai menjauhinya. Jika perlu anda dapat mengajukan rehabilitasi narkoba untuk melakukan pemulihan. Ini dirasa cara yang terbaik untuk anda bisa keluar dalam lingkaran tersebut.

 

Nah, narkoba memiliki efek yang sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan Ketika seseorang kecanduan narkotika, psikotropikan dan zat adiktif lainnya. di antaranya adalah sebagai berikut:

Apa Saja Efek Kecanduan Narkoba?

 

 

  1. Efek Stimulan

 

Efek kecanduan narkoba yang pertama adalah efek stimulan, ini biasanya ditimbulkan oleh narkoba dengan jenis ekstasi ataupun amfetamin. Ketika mengkonsumsi narkoba jenis ini ada efek dorongan tenaga yang kuat dalam tubuh sehingga tubuh tidak merasa mudah lelah, tidak mudah kantuk dan terus bersemangat ketika beraktivitas.

 

Namun, pada kenyataanya yang terjadi sebetulnya adalah tubuk memporsir tenaga yang lebih banyak dari biasanya. Sehingga jantung dan anggota tubuh lainnya bekerja lebih cepat dan tidak diistirahatkan. Dalam jangka panjang bila ini terus dilakukan tentu saja berbahaya dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

 

So, kecanduan narkoba dari sisi efek stimulan dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak karena jantung akan terus dipompa dan tidak beristirahat.

 

  1. Efek Halusinogen

 

Yang selanjutnya adalah efek halusinogen. Ketika menggunakan barang narkoba setiap pemakai akan merasakan khayalan atau halusinasi dalam dirinya. Halusinasi ini kadang ada yang berbentuk kesenangan ataupun malah ketakutan tersendiri. Semua tergantung jenis narkoba yang dikonsumsi oleh penggunanya.

 

Ini menjadi masalah ketika misalnya seseorang yang menggunakan narkoba ada di lingkungan luar rumah. Jika mengendarai mobil atau motor efek halusinasi ini terkadang akan mengubah yang ada menjadi tidak ada dan yang ada tidak ada menjadi ada. Yang mana hal ini dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain.

 

  1. Efek Adiksi

 

Ini adalah efek yang pasti dijangkiti oleh para pengguna narkoba utamanya jenis sabu-sabu dan sejenisnya. Ada perasaan ketenangan ketika mengkonsumsi narkoba dan ada perasaan panik dalam diri ketika tidak menggunakan narkoba.

 

Seseorang yang terjerumus kedalam narkoba akan mengalami kecanduan sehingga ingin mengkonsumsi narkoba lagi dan lagi.

 

Pada tahap tertentu efek adiksi ini akan berimbas pada berbagai hal, terutama pada sisi sosial dan finansial. Bagaimanapun narkoba adalah barang mahal dan seseorang harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

 

Jika seseorang sudah sampai pada titik sakaw biasanya dia akan melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan uang untuk membeli narkoba. Termasuk misalnya mencuri atau melakukan kejahatan lain yang meresahkan masyarakat.

 

 

  1. Efek Depresan

 

Sebetulnya dalam dunia medis narkoba dapat digunakan untuk memberikan sensasi ketenangan dan menghindarkan seseorang dari yang namanya depresi. Namun, pada prakteknya narkoba banyak disalahgunakan pemakaiannya sehingga dipakai secara bebas tanpa resep dan izin dari pihak berwenang.

 

Narkoba memiliki efek depresan artinya narkoba membuat beberapa jaringan dalam tubuh bekerja dibawah normal hingga menciptakan ketenangan sendiri bagi para penggunanya. Namun, tentu saja itu tidak dibenarkan dan tidak baik jika terus dilakukan dalam jangka panjang karena bisa mengakibatkan pada kerusakan organ organ tertentu.

Apabila menginginkan untuk rehabilitasi bisa mengunjungi website Ashefa Griya Pusaka yang sangat direkomendasikan untuk rehabilitasi narkoba.