February 26, 2024

Gina Classics

Gina Classic Blog

Inilah Keuntungan Nikah Siri Bagi Pria

Prosesi akad nikah yang telah mengikuti syarat dan aturan agama Islam sehingga sah di mata agama disebut sebagai nikah siri. Nikah siri pada umumnya dilakukan karena beberapa faktor yang terjadi, salah satunya umur yang kurang.

Apa keuntungan nikah siri bagi pria?

Sah di Mata Agama

Syarat sah dari nikah siri adalah adanya wali nikah serta dua orang saksi dalam prosesi ijab kabul berlangsung. Nikah siri memang populer terjadi di Indonesia, karena alasannya berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi sang calon pengantin.

Selama calon pengantin bisa menghadirkan wali yang sah, maka nikah siri ini dianggap sah di mata agama. Seringkali pernikahan versi ini disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk keuntungan diri sendiri. Walaupun hal tersebut bisa kembali pada personal masing-masing, karena jika tulus ingin menjalankan ibadah dan niat baik maka sah sah saja.

Ketika anda ingin mengadakan proses pernikahan siri, maka Anda harus mematuhi beberapa syarat-syarat yang terdapat di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada yang salah dari pernikahan ini.

Terhindar dari Fitnah

Ada kalanya seseorang mengalami masa dewasa lebih maju dibanding usia aslinya. Terlebih ketika ia telah menjalin cinta dengan seseorang dan telah mantap untuk menikah, padahal usianya belum genap 17 tahun. Maka, Nikah Siri bisa menghindarkan seseorang dari fitnah dan menjadi solusi untuk hal tersebut.

Saat seseorang berusia di bawah 17 tahun, maka orang tersebut belum mempunyai KTP yang menjadi salah satu berkas persyaratan menikah. Berkas KTP biasa diserahkan ketika seseorang ingin mengajukan pernikahan di KUA.

Nikah siri juga terbukti jauh lebih praktis karena tidak perlu mengumpulkan berkas persyaratan seperti pernikahan resmi. Adapun yang bersangkutan hanya perlu mendatangi tokoh agama yang bisa membantu mereka melaksanakan prosesi ijab kabul tersebut.

Nikah siri juga terbukti jauh lebih hemat dan murah karena pengantin tidak perlu mengadakan resepsi yang besar. Resepsi yang besar bisa diadakan ketika pengantin mengadakan pernikahan yang legal di beberapa tahun mendatang.