December 6, 2021

Gina Classics

Gina Classic Blog

Manfaat Mainan Mobil Lego untuk Anak

Mobil Lego

Mainan lego pertama kali diciptakan pada tahun 1932 yang lalu. Hingga sampai saat ini permaian lego masih menjadi mainan favorit anak – anak. Bukan hanya anak – anak saja, bahkan orang dewasa juga bisa memainkannya.

Dengan perkembangan jaman, permainan ini yang awalnya hanya berupa bongkahan plastik yang bisa disusuk menjadi bentuk apa saja, rupanya sekarang sudah mengalami perkembangan dan berbeda dengan sebelumnya.

Dengan jenis model yang cukup beragam, seperti karakter orang, rumah, bahkan mobil lego. Sementara permainan yang cukup banyak diminati yaitu mainan mobil lego ini. Jenis mainan yang satu ini memang cukup digemari oleh anak – anak.

Tak hanya untuk seru – seruan saja dengan memainkan mobil – mobilan, tapi juga dapat bermain balap – balapan dan lain sebagainya. Ternyata mainan ini juga mempunyai banyak manfaat yang bisa didapat anak anda.

Beberapa diantaranya yaitu untuk kemampuan motorik anak, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan sosial spasial. Sementara untuk lebih jelasnya tentang manfaat – manfaat yang didapat, berikut ini dapat Anda simak ulasannya !

Apa Saja Manfaat yang Akan di Dapat dari Permainan Mobil Lego ?

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Spasial

Kemampuan spasial merupakan kemampuan yang memiliki kaitan dengan bangun ruang. Bagi anak yang mempunyai kemampuan spasial tinggi maka dapat mengingat, mempertahankan, menghasilkan, serta mengubah gambar visual yang sudah terstruktur dengan sangat baik melalui imajinasinya.

Jadi, anak yang mempunyai kemampuan spasial yang tinggi bisa membayangkan secara baik dan benar seperti apa cara untuk menyusun mainan mobil lego agar bisa berbentuk seperti mobil secara sempurna.

  1. Mampu Berpikir Lateral dan Memecahkan Masalah

Anak-anak yang suka bermain permainan mobil lego bisa berpikir lateral dan melatih kemampuannya untuk memecahkan suatu masalah. Anak anda akan dilatih agar bisa berpikir secara kreatif supaya bisa menyelesaikan kepingan – kepingan block hingga membentuk sebuah mobil.

Anak anda pun akan mencari cara yang kreatif supaya mobil yang dibuatnya bisa tetap bertahan dan agar bongkahannya tidak ada yang lepas.

  1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Bongkahan dari mainan mobil lego yang dimainkan dengan tangan akan melatih gerakan tangan anak anda secara seksama dan teliti. Anak anda juga akan dilatih untuk menggunakan kekuatan tekanan yang berbeda dalam memasang setiap bongkahan baloknya. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan motorik pada anak serta kekuatan pada jari – jari anak.

  1. Dapat Bereksperimen dan Melatih Kesabaran

Dengan bermain mobil lego, anak anda akan terdorong untuk mencoba beberapa alternatif kombinasi dalam menciptakan bentuk mobil yang sesuai. Pastinya, mobil yang dibentuk tidak dengan mudah bisa dibuat sesuai dengan gambar mobilnya. Bahkan kadang perlu diulang berkali – kali hingga menjadi bentuk yang sempurna.

Jadi harus bersabar untuk membuatnya. Maka dari itu, permainan ini menjadi salah satu cara yang efektif agar bisa mendorong anak anda untuk bereksperimen serta melatih kesabarannya ketika memainkan alat ini.

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Untuk membuat anak agar bisa fokus dan konsentrasi di saat masa aktifnya bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Mainan mobil lego dapat menjadi solusi agar menarik perhatian serta melatih kemampuan anak anda agar bisa fokus.

Karena, untuk memainkan permainan ini anak anda perlu membaca serta mengikuti instruksi yang dijelaskan di buku petunjuk. Jadi anak anda akan membuatnya dengan hati – hati dan teliti. Dengan demikian, anda bisa melatih anak anda agar mampu untuk lebih berkonsentrasi dan fokus dengan cara yang menyenangkan.