September 24, 2021

Gina Classics

Gina Classic Blog

Pemprov DKI Anggarkan Rp 200 Miliar untuk Beli Lahan Pemakaman Khusus Covid-19

Melonjaknya kasus Covid 19 di DKI Jakarta membuat lahan pemakaman di ibu kota terus menipis. Guna mengantisipasi hal ini, Pemprov DKI bakal menambah lahan pemakaman khusus Covid 19. Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengatakan, lahan tersebut berada di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Untuk lahan di Jakarta Utara lokasinya terletak di TPU Rorotan dengan total luas 25 hektar. Ida menyebut, lahan senilai Rp 254 miliar itu telah dibeli Pemprov DKI sejak 2018 lalu. "Lalu ada di Jakarta Barat, saya titiknya tidak hafal, jadi ada dua titik. (Jakarta) utara dan barat," ujarnya saat dihubungi, Jumat (4/12/2020).

Selain dua lahan yang sudah ada, Pemprov DKI juga berencana membeli lahan baru di wilayah Jakarta Selatan. Anggaran Rp 200 miliar pun telah dialokasikan dalam APBD Perubahan 2020. "Nambah Rp 200 sekian miliar. Makanya dibeli, persiapan di 2021 tak beli lahan," ujarnya.

Adapun Pemprov DKI Jakarta saat ini menyediakan lahan pemakaman khusus Covid 19 di TPU Tegal Alur dan TPU Pondok Ranggon. Khusus untuk TPU Pondok Ranggon saat ini hanya menyediakan pemakaman dengan sistem tumpang bagi jenazah Covid 19. Kebijakan ini diambil lantaran lahan pemakaman khusus Covid 19 telah terisi penuh.