June 20, 2021

Gina Classics

Gina Classic Blog

Perjalanan Karir Andre Taulany, Tinggalkan Pekerjaan di Bank Demi Terjun ke Dunia Hiburan

Andre Taulany membeberkan perjuangannya terjun di dunia hiburan Tanah Air. Seperti yang diketahui, Andre Taulany sudah menjajal berbagai bidang di dunia hiburan. Mulai dari menjadi aktor, vokalis band, hingga pelawak.

Andre Taulany pun mengungkap perjalanannya menjajal berbagai bidang di dunia entertain ini. Tak langsung dikenal, pelawak berusia 46 tahun ini sempat dilema. Andre Taulany dilema apakah ia harus memilih antara terjun di dunia hiburan atau melanjutkan karirnya sebagai pekerja kantoran.

Setelah memikirkan berbagai hal, Andre Taulany akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia entertain. Ia pun mengawalinya karirnya sebagai vokalis grup band Stinky. Sukses dengan Stinky, tawaran pekerjaan banyak menghampiri bapak tiga anak ini.

Bahkan Andre Taulany bisa menjajal bidang lain di dunia hiburan. Dirangkum dari vlog Soleh Solihun, berikut pengakuan Andre tentang perjalanan kariernya bersama Stinky. Keinginan sederhana Andre saat menjadi musisi adalah selain terkenal, ia melihat musisi terutama yang tergabung dalam sebuahband, adalah sosok yang keren.

"Karena kan dulu waktu kecil gue sering nonton video musik grup band konser, terus gue ngerasa 'gila keren banget ya orang ditonton orang banyak, nyanyi, semua orang ngikutin, sampai gaya kita diikutin'," jelasnya. Stinky merupakan band pertama Andre, walaupun dulu sempat berganti nama, tapi anggotanya sama dengan formasi sama. Hanya saja, saat masih aktif ikut festival, Andre merupakan pemain drum.

Merasa bekal di festival cukup banyak, mereka coba membuat lagu sendiri dan ditawarkan ke label. Awalnya karena menawarkan lagu rock, mereka selalu ditolak. Namun, begitu menawarkan lagu pop, akhirnya ada label yang melirik mereka.

"Demo kita diterima, kita seneng banget kan, dipanggil sama produsernya, mau ngelihat nih suruh live langsung kan," kenang Andre. Dikontrak tahun 1995, mereka tak kunjung merilis album hingga tahun 1996. Sampai akhirnya produser menyarankan Stinky mengganti vokalis.

Produser ingin Andre menjadi vokalis, dan vokalis sebelumnya menjadi drummer. Karena saat itu mereka hanya fokus untuk bisa merilis album, akhirnya mereka mengikuti keinginan produser. "Tukerlah gue jadi penyanyi, vokalis jadi drummer, take ulang lagi vokalnya karena kan pakai vokal dia awalnya. Pakai suara gue, nyanyi, meledaklah itu Stinky 'Mungkinkah' berjalan deh," ucap Andre.

Selalu mengaku kalau nama Stinky memiliki makna filosofis yaitu bau menyengat yang akan selalu diingat orang, tapi rupanya bukan itu makna sebenarnya dari Stinky. "Kita tuh dulu sering nonton film Casper , ada salah satu hantunya Casper namanya Stinky. Stinky namanya lucu nih, kita pakai aja, gitu," jelas Andre. Nama Stinky yang sebenarnya dari film Casper itu diusulkan oleh pemain bas mereka, Irwan.

Andre pernah dihadapkan pada pilihan yang membuatnya galau saat itu. Ketika awal berkarier dengan Stinky, dia sebenarnya adalah pegawai salah satu bank swasta di Indonesia. Namun, karena sering izin untuk tampil ke luar kota, akhirnya pemimpin cabang tempatnya bekerja memberi tawaran Andre untuk memilih tetap bekerja di bank atau berkarier dengan Stinky.

Bukan hal mudah memilih antara dua pekerjaan itu. Apalagi posisinya di bank tersebut sudah cukup bagus dan sudah menjadi penghasilan tetap. Sementara, bersama Stinky, meskipun saat itu sudah terkenal, dia belum tahu bagaimana nanti ke depannya.

"Tapi karena cinta di dunia seni, gue cinta musik, ya sudah akhirnya gue milih di musik. Berhenti, gue resign dari bank," ucap Andre. Sejak tahun 1999 atau dua tahun sejak Stinky merilis album, Andre sudah mulai tampil di beberapa sinetron, bahkan film. Tawaran semakin banyak, ia juga mendapat program tetap.

Sempat bertahan dengan Stinky hingga tahun 2006, Andre akhirnya memutuskan hengkang. "Album Stinky juga sudah mulai banyak tapi grafiknya (penjualan) cenderung turun tuh, trennya turun terus," kata Andre. "Ditambah lagi banyak band band baru bermunculan, kan jadi 'ya sudahlah gue mulai harus cari sesuatu yang barulah', biar enggak boring," jelasnya kemudian.

Menurut Andre, saat itu teman teman di Stinky tidak keberatan ketika Andre memutuskan keluar, karena daripada dia sulit membagi waktu dan akhirnya justru menyusahkan teman teman di Stinky yang masih ingin berkarier di musik. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.