May 15, 2021

Gina Classics

Gina Classic Blog

Reaksi Solskjaer Usai Bawa Manchester United Injakkan Satu Kaki di Semifinal Liga Eropa

Manchester United tampaknya sudah menginjakkan satu kakinya pada babak semifinal Liga Eropa musim 2020/2021. Hal itu didasarkan setelah Manchester United berhasil mengamankan kemenangan tandang dengan skor dua gol tanpa balas melawan Granada, Jumat (9/4/2021) dinihari tadi. Berlangsung di Stadion Los Carmenes, Manchester United menang berkat gol yang dicetak Marcus Rashford (31') dan Bruno Fernandes (90').

Meskipun berhasil meraih kemenangan penting dalam laga tandang kali ini, Ole Gunnar Solskjaer merasa masih belum sepenuhnya puas dengan hasil tersebut. Juru taktik asal Norwegia itu lebih menyoroti beberapa kartu kuning yang didapatkan pemainnya dimana hal tersebut sangat merugikan. Apalagi dampak kartu kuning itu berpeluang membuat beberapa pemainnya akan absen pada leg kedua akibat hukuman skorsing.

"Ini bukanlah malam yang sempurna, apalagi kami mendapatkan tiga kartu kuning dan tiga skorsing," ujar Solskjaer dilansir BBC. "Kami sebenarnya tahu betapa sulitnya untuk bermain di Spanyol, namun kami punya permainan bagus untuk meraih hasil,". Lebih lanjut, Solskjaer berharap kemenangan penting leg pertama kali ini membuat timnya semakin bergairah memenangkan laga di sisa musim ini.

"Sama seperti biasanya, kami ingin terus memenangkan setiap pertandingan, ini masih tim muda, tim yang sedang belajar," akui Solskjaer. "Kami harus terus berkembang sepanjang waktu, sepak bola seakan membuat anda begitu cepat waktunya jika anda beristirahat,". Manchester United hanya butuh hasil imbang untuk memastikan langkahnya ke babak semifinal Liga Eropa musim ini.

Tim Setan Merah dijadwalkan akan menjamu Granda di Stadion Old Trafford, Jumat (16/4/2021) pekan depan. Tim tuan rumah Granada langsung memberikan tekanan setelah peluit kick off dibunyikan wasit. Pada menit pertama, melalui Carlos Neva Granada membangun serangan, tapi masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Manchester United.

Tak berselang lama, pemain yang mengisi posisi sayap kanan ini kembali menimbulkan masalah dengan memberikan umpan silang ke kotak terlarang MU, tapi lagi lagi bisa digagalkan oleh skuat Solskjaer. Laga berjalan cukup alot dengan tensi lambat, Pogba mendapat kartu kuning pertama dalam laga ini setelah melakukan tekel terhadap Kenedy. Tim asuhan Solskjaer masih terjibaku dengan permainan mereka, berbagai upaya untuk bisa membongkar rapatnya pertahanan Granada hingga menit ke 15.

Manchester United mendapat kesempatan dari skema bola mati dari posisi yang cukup ideal. Rashford yang maju sebagai penendang belum bisa memaksimalkan peluang tersebut, bola hasil tendangannya masih melambung dari mistar gawang Granada. Menit ke 28 Rashford kembali unjuk gigi, tendangannya hampir membuka kran gol Manchester United.

Menyasar ke tiang jauh sisi kiri Granada, bola melebar tipis dari tiang gawang. Gol pembuka yang dinanti nanti akhirnya tercipta pada menit ke 31. Manchester United merubah papan skor menjadi 0 1.

Tak banya pergerakan, serangan Manchester United sangat efektif. Berawal dari operan De Gea kepada Lindelof, bek tengah MU ini mengirimkan umpan panjang yang langsung mengarah ke depan di mana ada Rashford yang telah menanti. Dengan sedikit sentuhan dan drible , Rashford sukses mengkonversikan peluang tersebut menjadi gol.

Hingga jeda turun minum tak ada gol tambahan yang tercipta, Manchester United unggul satu gol atas Granada. Selepas jeda turun minum, Granada berupaya untuk bisa menyamakan kedudukan. Sebuah peluang Granada pada menit ke 50 berhasil digagalkan De Gea.

Tak berhenti di sana, tim asuhan Diego Martinez menghasilkan beberapa peluang dari Kenedy Cs yang cukup membahayakan gawang MU. Akan tetapi, displinnya lini pertahanan hingga kokohnya De Gea membuat peluang peluang Granada termentahkan. Manchester United tak menurunkan intensitas meskipun unggul 1 0.

Kerja sama apik skuat Solskjaer dari sisi kiri hampir menambah keunggulan MU. Berawal dari pergerakan Daniel James, dia memberikan umpan pendek kepada Bruno Fernandes. Bruno bebas tanpa kawalan pemain Granada, tapi sayang sontekannya masih bisa digagalkan Rui Silva.

Manchester United mendapat hadiah penalti di penghujung waktu normal babak kedua setelah adanya pelanggaran di kotak terlarang. Bruno Fernandes yang maju sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dan merubah papan skor menjadi 0 2. Gol Bruno Fernandes sekaligus menegaskan kemenangan Manchester United atas Granada pada leg pertama babak perempat final Liga Eropa.

Rui Slva, Gonalons, Soldado, Puertas, Neva, Victor Diaz, Montoro, Vallejo, Herrera, Domingos, Kenedy. David De Gea, Lindelof, Maguire, Luke Shaw, Wan Bissaka, Pogba, McTominay, Daniel James, Bruno Fernnades, Rashford, Greenwood.